1. Procedure
adalah suatu aturan yang telah ditetapkan dan disetujui secara umum dimana
dijadikan pedoman dalam melakukan sesuatu untuk menyelesaikan permasalahan.
2. Function
atau fungsi adalah sekumpulan perihal yang dihubungkan dengan kumpulan perihal
lain berdasarkan pelaksanaannya. Dalam bahasa computer, fungsi adalah bagian
dari kode pemrograman di dalam program yang lebih besar.
3. Perbedaan
antara function dan procedure :
a.
Jika procedure pemanggilan dilakukan dengan
memanggil nama procedurenya, contoh :
HitungLuasSegiEmpat(s1,s2);
Sedangkan function pemanggilan harus menggunakan
variabel untuk menampung nilai yang dikembalikan oleh function, contoh :
Luas = HitungLuasSegiEmpat(s1,s2);
b.
Function digunakan untuk membuat operasi yang
tidak ada dalam fungsi utama, sedangkan procedure digunakan untuk
menstrukturkan atau menata suatu program
4. Byval
adalah cara untuk melewatkan nilai dari argument ke prosedur dengan melewatkan
alamatnya. Byref adalah cara untuk melewatkan alamat dari argument ke prosedur
dengan cara melewatkan nilainya. Byval variabel yang akan dilewatkan pada
argument bisa menggunakan tipe data yang berbeda, sedangkan pada byref tipe
data harus sama.
5. Operator
perbandingan adalah operator dalam proses perbandingan antar variabel satu dengan
yang lain. Biasanya digunakan untuk mengecek apakah variabel-variabel yang ada
saling bersesuaian. Hasilnya True atau
False. Macamnya : > , < , <= ,!= ,% :==
6. Operator
percabangan adalah operator untuk mementukan pilihan dari beberapa pilihan yang
tersedia. Macam-macamnya :
a.
If
Untuk kondisi pilihan tunggal, bentuk umum : If
<syarat> then <hasil>
Untuk kondisi majemuk, bentuk umum :
If <syarat1> then
<hasil1>
Else
If <syarat2> then
<hasil2>
Else
. . .
. . .
End
b.
Case : mirip seperti If, namun dalam case
penulisannya lebih mudah diterapkan untuk pilihan kondisi lebih dari satu.
Bentuk umum :
Case of
;<hasil1>;
;<hasil2>;
;<hasil3>;
Else
;hasiln;
End;
7. Operator
perulangan adalah operator untuk mengulangi proses yang sama disesuaikan dengan
kondisi yang diinginkan. Macam-macam :
a.
Do while . . . Loop
Bentuk umum : Do while <kondisi>
<pernyataan>
.
. .
Loop
Untuk yang letak kondisi akhirnya di akhir : Do
<pernyataan>
. . .
Loop
while <kondisi>
b.
Do Until . . . Loop
Mirip seperti Do While, hanya saja pada DoWhile
pengulangan terus berjalan selama kondisi bernilai True dan berhenti jika
False. Sedangkan pada Do Until, pengulangan berlanjut bila bernilai False dan
berhenti jika bernilai True. Bentuk umum :
Do Until <kondisi>
<pernyataan>
. . .
Loop
c.
While . . . Wend
Digunakan saat kita ingin pertanyaan
pada program dijalankan selama kondisi yang ditetapkan masih True. Bentuk umum
:
While <ekspresi>
Pernyataan
. . .
Wend
d. For
. . . Next
Untuk melakukan perulangan dengan
jumlah tertentu. Bentuk umum :
For Indeks = <NilaiAwal> To
<NilaiAkhir>
<pernyataan>
. . .
Next Indeks
8. ( )
9. ( )
10. Berdasarkan
algoritma yang telah dijabarkan, dapat dianalisis :
1.
Untuk hubungan antara titik di sumbu X dan Y
sehingga menjadi sebuah koordinat, dapat digolongkan dalam 4 kuadran berdasar
letaknya.
2.
Jika suatu titik dimana posisinya ditinjau dari
sumbu X>0 dan Y>0, maka tergolong dalam kuadran 1, atau
3.
Jika suatu titik dimana posisinya ditinjau dari
sumbu X<0 dan Y>0, maka tergolong dalam kuadran 2, atau
4.
Jika suatu titik dimana posisinya ditinjau dari
sumbu X<0 dan Y<0, maka tergolong dalam kuadran 3, atau
5.
Jika suatu titik dimana posisinya ditinjau dari
sumbu X>0 dan Y<0, maka tergolong dalam kuadran 4, atau
6.
Jika suatu titik dimana posisinya ditinjau dari sumbu X=0 dan Y=0, maka tidak terletak di
kuadran manapun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar