TUGAS KELOMPOK
Resume Jurnal : “Optimalisasi Macromedia Flash Untuk Mendukung
Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI”
Pembelajaran menggunakan animasi komputer
memberikan kesempatan pada peseta didik untuk belajar secara dinamis dan
interaktif. Komputer merupakan
media pengajaran yang dapat memvisualisasikan berbagai fakta, keterampilan,
konsep dan komputer juga menampilkan gambar-gambar yang bergerak sesuai keperluannya.
Penggunaan komputer yang bersifat interaktif dengan pemakainya bahwa program
komputer yang dapat menampilkan diagram atau gambar dapat dirancang untuk
menyesuaikan dengan respon pembelajar.
Komputer
selain dapat menciptakan iklim belajar yang efektif bagi mahasiswa yang lambat
(slow learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi mahasiswa
yang lebih cepat (fast learner). Macromedia Flash adalah software yang dipakai
luas oleh para profesional web karena kemampuannya yang mengagumkan dalam
menampilkan multimedia, menggabungkan unsur teks, grafis, animasi, suara dan
serta interaktivitas bagi pengguna program animasi internet. Kini Macromedia
Flash telah menjadi primadona para designer web sebagai sarana untuk
menciptakan sebuah situs web yang menarik dan interaktif. Macromedia Flash
(Flash MX) merupakan sebuah program aplikasi standar authoring tool profesional
yang digunakan untuk membuat animasi vektor dan bitmap yang sangat menakjubkan
untuk keperluan pembuatan situs web yang interaktif dan dinamis.
Pembelajaran
dengan menggunakan aplikasi komputer memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk belajar secara dinamis dan interaktif. Selanjutnya, perlu dikembangkan
pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam
pembelajaran, yaitu dengan membuat software pembelajaran multimedia interaktif
khususnya untuk beberapa mata kuliah yang memerlukan suatu alat peraga
interaktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Pembelajaran
multimedia interaktif dapat dikembangkan dengan menggunakan suatu bahasa
pemrograman dan disajikan dalam bentuk CD pembelajaran. Pesan yang disampaikan
melalui media, dalam bentuk isi atau materi pengajaran itu harus dapat diterima
oleh penerima pesan (anak didik), dengan menggunakan salah satu ataupun
gabungan beberapa alat indera mereka. Bahkan lebih baik lagi bila seluruh alat
indera yang dimiliki mampu menerima isi pesan yang disampaikan. Metode seperti
ini diharapkan dapat diterapkan dalam mata kuliah lain yang sejenis, yang
memerlukan media pembelajaran dan alat peraga interaktif dalam kegiatan belajar
mengajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar